Cara Mendeteksi Kampas Kopling Motor yang Mulai Aus
Tips di atas adalah cara
analisa dengan feelingnya pengendara, kalau dengan caranya mekanik bisa
dengan cara mengukur ketebalan kampas kopling sekunder menggunakan alat
jangka sorong, dimana untuk kondisi normal ketebalan kampas kopling
SupraX125 adalah 2,5-2,7 mm dengan batas servis 2,2 mm artinya apabila
sudah di bawah 2,2 mm kampas kopling perlu diganti.
Kampas kopling SupraX helm in sama dengan SupraX125 yang lama mas.
Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat.
Salam
Andriyanto-Bintangmotor
Tips ringan setel kopling motor bebek
Yaps kembali ngobrolin sedikit tips
ringan bagi mas bro pengguna automatic cub / motor bebek ber
transmisi semi automatic cluth , mungkin pernah
ada yang merasa kurang nyaman saat melakukan perpindahan ‘
versneiling’ dikarenakan ada yang saat menginjak tuas versneiling
ada yang merasa terlalu dalam , ataupun merasa terlalu ‘cetek’
(terinjak sandaran kaki saja sudah nge loss) misalnya , nah
sebenarnya cara untuk menyetel kedalaman prose rellease kopling cukup
mudah , mas bro bisa mempraktekkannya sendiri :)
pengatur kedalaman
rellease kopling pada bebek , misalnya honda supra 125 , tugasnya
dilakukan oleh baut no (9) bolt adjusting cluth , prinsipnya
sederhana, baut tersebut mengatur pergerakan PLATE COMP., CLUTCH LIFTER
no (8) & RETAINER COMP., BALL no (12) nah karea pergerakan part
tersebut bisa di atur batasannya oleh baut penyetel maka gerakan
memutar yang di konversi menjadi gerakan menekan juga bisa di sesuaikan
jadi penekanan rellease bearing yang bertugas melepas &
menghubungkan kampas kopling dengan plat serta rumah kopling ,bisa di
setel kedalaman penekanan nya
^ nah prakteknya simple aja , sediakan kunci pas ring no ’14
& obeng minus (-) , kendorkan nut pengunci no ’14 , kemudian
setel bolt adjusting dengan obeng (-)
## aturan mainnya :
* saat adjuster di putar ke kiri , maka jarak main kopling akan
menjadi lebih dalam ( istilahnya tuas versneiling di injak agak dalam
baru bisa pindah posisi gear transmisi )
* jika adjuster diputar ke kanan , maka jarak main kopling akan
menjadi lebih pendek , lebih cetek , injak tuas sedikit saja
transmisi gear bisa dengan mudah berpindah
tentusaja penyetelan harus melihat kondisi kesehatan unit kopling ,
ga bisa asal putar , sesuaikan feel & selera kenyamanan
pengopresasian tuas versneiling anda … tips ini bisa dilakukan di
semua jenis bebek bertransmisi semi auto matic …
Sumber : http://warungdohc.com/2012/05/03/tips-ringan-setel-kopling-motor-bebek/
Ganti Kampas Kopling, Jangan Tunggu Aus Baru Ganti
Ganti kampas kopling jangan tunggu kampas koplingnya aus dulu baru diganti,kenapa ?
Kali ini kang ari mau kasih tips tentang kampas kopling tipe basah yang ada dimotor tipe moped atau motor sport.Buat
bikers motor kopling terutama kopling manual pasti kampas kopling
cenderung lebih cepat aus dari pada tipe kopling otomatis seperti di
kebanyakan motor moped. Untuk kondisi normal kampas kopling aus
dikisaran 20ribu km,diangka 20ribu keatas sudah mulai terasa gejala
kampas kopling aus seperti tarikan/akselerasi awal terasa ada yang selip
saat lepas tuas kopling.Yang kedua jika tuas kopling jarak gerak bebasnya menjadi jauh sendiri padahal tidak kita setel.Dan yang Motorpun biasanya tarikannya sudah berat mulai gigi kedua dan seterusnya.
Jika sudah ada tanda2 gejala seperti itu maka segeralah ganti kampas
kopling,jika tidak segera diganti maka akibatnya akan fatal karena akan
mrembet ke part yang lain ikut aus dan biaya service jadi membengkak.Yang seharusnya cuma ganti kampas kopling tapi karena diabaikan mrembet eke par lain seperti rumah kopling dan tutup koplingnya.
Sebenarnya kampas kopling bisa dipakai sampai 50ribu km bahkan jika
pemakaian motor tidak sering ‘gantung kopling’ seperti tetangga sebelah
saya dia seorang mekanik mobil motornya jup.mx sudah 55ribu km belum pernah ganti kampas kopling,kang ari saja sampai heran kilometer sudah jauh tapi kampas kopling masih tokcer.Jika
bikers pemula pasti kampas kopling tidak akan terpakai sampai diatas
30ribuan km,karena sering gantung tuas kopling bahkan kang ari sering
didatangi konsumen yang belum bisa cara pakai motor kopling manual baru
5ribu km saja kopling sudah aus dan kondisi rumah kopling sampai gosong.
Maka saran kang ari jangan tunggu kampas aus sampai motor tidak bisa
jalan baru diganti,hemat biaya.Seperti konsumen vixion satu ini dia
datang kebengkel minta ganti kampas koplingnya padahal motornya baru
26ribu km.Kondisi kampas kopling masih layak pakai tapi untuk menjaga
hal2 yang tidak diinginkan lebih baik diganti sebelum parah.
Oiaya satu lagi tips nich saat pasang kampas kopling,bilang ke
mekanik yang masang,saat kampas kopling yang baru mau dipasang dirumah
kopling,kampas kopling dibasahin atau dicelupin ke oli dulu tujuannya
agar kampas kopling tidak cepat aus. Jika kampas kopling tidak dibasahi
oli maka saat motor pertama kali dinyalakan maka aliran oli dirumah
kopling bisa seluruhnya membasahi kampas kopling. Jika kampas kopling
masih kering maka gesekan yang terjadi akan mengikis ketebalan kampas
kopling meskipun hanya sedikit.
Sumber : http://aripitstop.com/2014/01/11/ganti-kampas-kopling-jangan-tunggu-aus-baru-ganti/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar