3 Sebab Mesin Sepeda Motor Tidak Menyala
SEPEDA MOTOR
Pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal,apa sajakah itu:
Ok teman-teman kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda,3 hal itu adalah :
1.KOMPRESI
Biar bensin full sekalipun,atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala.kenapa.....? y karena kompresi itu bagian penting dalam penyalaan mesin.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah untuk mengetes kompresi.
a.langkah pertama yang kita lakukan adalah buka busi,...eit,... sebenarnya ada ceh alat untuk mengetes kompresi,tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya.kali ini kita bahas yang manual saja,Ok bro....!
setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,yah supaya kita bisa merasakan ada enggaknya kompresi,...
b.langkah selanjutnya adalah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang
Seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi,tenang bro,....kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi,kemudian kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.ok bro....!
Sebab Kompresi Hilang ada 2 :
a.klep bocor
kalau klep bocor sudah barang tentu kompresi hilang,cara menanganinya,yah...kita harus sekir /skur ulang .
b.Piston / Seher and Ringnya Aus
masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi bro,jalan satu-satunya ya harus ganti,kalau istilah bengkel di oversize,itupun kalau masih bisa,ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang anda tangani.
2.BAHAN BAKAR
Setelah kita mengecek kompresi,kita pastikan apakah ada bensinnya atau tidak,apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini :
a.Slang Bensin and Filter Bensin
biasanya ceh buntu karena kotor,pokoknya usahakan alirannya lancar,ok bro
b.Karburator
nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar,tapi kalau anda bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit,penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,yaaa...kita bongkar and bersihkan.
c.Filter Udara
yang sering terjadi buntu dan kotor,tinggal dibersihkan saja,gampang koq.
3.SISTEM PENGAPIAN
bicara pengapian,kita harus tau dulu jalurnya.Pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian : pengapian pake batray dan pengapian tanpa batray
Kali ini yang akan saya jelaskan adalah pengapian tanpa batray atau pengapian yang berpusat dari spull
ini jalurnya : SPULL _CDI _COIL_BUSI
a.SPULL
Cara mengeceknya gampang bro,cabut saja kabel yang masuk ke CDI,tempelkan masa kemudian start atau engkol,apa hasilnya.
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti bro
b.CDI
mengecek CDI sedikit rumit,kita harus benar2 memastikan apakah pulsernya macih ok atau tidak,karena pulser bagian penting dalam pengapian.kalau kita sudah yakin pulsernya ok,kita tinggal cabut saja kabel CDI yang masuk ke COIL.tempelkan kemasa lalu start atau engkol,eit,....kunci kontak harus hidup bro.
apa hasilnya :
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti
c.COIL
mengeceknya gampang ,tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start / engkol.ingat kunci kontak rus posisi ON,
Apa hasilnya:
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti,
Saya sarankan ,kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang orisinil,karena bagian pengapian sangat rawan mati.
d.BUSI
mengecek busi tentulah teman-teman tahu,kita tinggal masukkan busi ke cop / kepala busi,tempelkan masa kemudian start,apa hasilnya : ada api = bagus dan tidak ada api = rusak and rus ganti
Sumber : http://sudarsono84enjoy.blogspot.com/2013/01/3-sebab-mesin-sepeda-motor-tidak-menyala.html
Pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal,apa sajakah itu:
Ok teman-teman kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda,3 hal itu adalah :
1.KOMPRESI
Biar bensin full sekalipun,atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala.kenapa.....? y karena kompresi itu bagian penting dalam penyalaan mesin.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah untuk mengetes kompresi.
a.langkah pertama yang kita lakukan adalah buka busi,...eit,... sebenarnya ada ceh alat untuk mengetes kompresi,tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya.kali ini kita bahas yang manual saja,Ok bro....!
setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,yah supaya kita bisa merasakan ada enggaknya kompresi,...
b.langkah selanjutnya adalah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang
Seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi,tenang bro,....kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi,kemudian kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.ok bro....!
Sebab Kompresi Hilang ada 2 :
a.klep bocor
kalau klep bocor sudah barang tentu kompresi hilang,cara menanganinya,yah...kita harus sekir /skur ulang .
b.Piston / Seher and Ringnya Aus
masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi bro,jalan satu-satunya ya harus ganti,kalau istilah bengkel di oversize,itupun kalau masih bisa,ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang anda tangani.
2.BAHAN BAKAR
Setelah kita mengecek kompresi,kita pastikan apakah ada bensinnya atau tidak,apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini :
a.Slang Bensin and Filter Bensin
biasanya ceh buntu karena kotor,pokoknya usahakan alirannya lancar,ok bro
b.Karburator
nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar,tapi kalau anda bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit,penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,yaaa...kita bongkar and bersihkan.
c.Filter Udara
yang sering terjadi buntu dan kotor,tinggal dibersihkan saja,gampang koq.
3.SISTEM PENGAPIAN
bicara pengapian,kita harus tau dulu jalurnya.Pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian : pengapian pake batray dan pengapian tanpa batray
Kali ini yang akan saya jelaskan adalah pengapian tanpa batray atau pengapian yang berpusat dari spull
ini jalurnya : SPULL _CDI _COIL_BUSI
a.SPULL
Cara mengeceknya gampang bro,cabut saja kabel yang masuk ke CDI,tempelkan masa kemudian start atau engkol,apa hasilnya.
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti bro
b.CDI
mengecek CDI sedikit rumit,kita harus benar2 memastikan apakah pulsernya macih ok atau tidak,karena pulser bagian penting dalam pengapian.kalau kita sudah yakin pulsernya ok,kita tinggal cabut saja kabel CDI yang masuk ke COIL.tempelkan kemasa lalu start atau engkol,eit,....kunci kontak harus hidup bro.
apa hasilnya :
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti
c.COIL
mengeceknya gampang ,tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start / engkol.ingat kunci kontak rus posisi ON,
Apa hasilnya:
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti,
Saya sarankan ,kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang orisinil,karena bagian pengapian sangat rawan mati.
d.BUSI
mengecek busi tentulah teman-teman tahu,kita tinggal masukkan busi ke cop / kepala busi,tempelkan masa kemudian start,apa hasilnya : ada api = bagus dan tidak ada api = rusak and rus ganti
Sumber : http://sudarsono84enjoy.blogspot.com/2013/01/3-sebab-mesin-sepeda-motor-tidak-menyala.html
assalamu'alaikum.. Pak, tlg minta nomor hapenya...
BalasHapus