Mengatasi Rem cakram Lengket
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sistem rem pd sepeda
motor. terutama sistem rem cakram. dalam hal ini rem termasuk komponen
yg sangat penting yg mendukung keselamatan daripada pengendara sendiri.
Ok, lah!! nggak perlu panjang lebar lagi pada intinya rem cakaram pd
sepeda motor menggunakan sistem hidrolik, dimana cara kerjanya
menggunakan pemampatan dari
cairan minyak rem untuk menghasilkan daya
tekan terhadap piston cakaram, piston cakram sendiri bekerja mendorong
kampas cakram/Dispad untuk menghasilkan tekanan yg kuat terhadap
piringan cakram. sehingga menghasilkan daya pengereman yg maksimal.
Demikianlah cuplikan teori sistem rem cakram pada sepeda motor versi saya.
Sekarang lanjut ke pokok inti permasalahan yg sesuai dengan judul laman
kali ini yg membahas tentang rem cakram lengket. perlu diketahui sob,
beberapa penyebab terjadinya cakram yg lengket atau macet ini serta
penangananya diantaranya hal-hal berikut ;
Handle rem yg gak sesuai dengan kedudukanya,
tapi ini jarang terjadi karena produk'' handle rem yg standard
kebanyakan memiliki ukuran yg pas/ sesuai dengan merek'' motor. kecuali
type handle rem variasi. kebanyakan saya jumpai memang handle yg variasi
ini jarang yg pas dengan kedudukannya sehingga memerlukan kerja lg
untuk membuatnya pas di kedudukannya. so saran saya pakailah handle yg
standardnya biarpun gak original tp memiliki kesesuaian yg bagus. boleh
jg sih pakai yg variasi tp harus memperhatikan kecocokanya di rem kita.
- Sil master rem udah rusak, master rem berfungsi memompa minyak rem untuk menekan piston rem. jadi jika silnya udah rusak maka kerja dari master ini nggaklg bagus, biasanya bocor bisa jg gak mau balik kalo abis ditekan handlenya. nah kalo gak mau balik, atau gak lancar mompanya atau juga lambat baliknya so pasti rem bakalan lengket dah. karna minyak rem terdorong terus oleh master rem yg rusak ini. solusinya ganti master rem dengan yg baru dan memiliki kinerja yg bagus untuk sistem pengereman.
- piston cakram kotor / bersihkan piston cakram pakai bensin , seka pakai kain lap dan lumasi dengan oli.
- Sil piston cakram udah rusak / mengakibatkan kerja piston gak lancar dan lambat balik ( tidak elastis kerjanya). solusinya ganti dengan sil yg baru.
- Lain - lain seperti ; plat penahan kampas selip, piringan cakram baling, dll.
Nah sob
permasalahan umumnya seperti diatas. untuk mendapatkan hasil kerja yg
maksimal lakukan pengecekan dengan teliti, penangananya dan pemasangan
kembali yg teliti juga. tidak baik menentukan permasalahan tanpa
mengetahui letak kesalahannya. demikianlah ulasan tentang Rem Cakram semoga membantu.
TIPS MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN REM CAKRAM SENDIRI
Salah satu perangkat vital bagi kendaraan baik itu motor atau pun mobil adalah berfungsinya alat rem dengan baik.
Kadang sebagai pengemudi, kita melupakan untuk melakukan perawatan rutin pada perangkat sistem rem kendaraan. Bagaimana jadinya apa bila perangkat pengereman atau penghenti laju kendaraan tidak berjalan sebagaimana mestinya (tidak normal)? Bisa dibayangkan terjadinya kecelakaan, sesuatu hal yang sangat tidak diinginkan bagi siapapun yang sedang berkendara apabila kurang perawatan.
Nah, di sini penulis ingin berbagi pengalaman tentang cara merawat dan membersihkan rem cakram khususnya untuk sepeda motor.
Kadang sebagai pengemudi, kita melupakan untuk melakukan perawatan rutin pada perangkat sistem rem kendaraan. Bagaimana jadinya apa bila perangkat pengereman atau penghenti laju kendaraan tidak berjalan sebagaimana mestinya (tidak normal)? Bisa dibayangkan terjadinya kecelakaan, sesuatu hal yang sangat tidak diinginkan bagi siapapun yang sedang berkendara apabila kurang perawatan.
Nah, di sini penulis ingin berbagi pengalaman tentang cara merawat dan membersihkan rem cakram khususnya untuk sepeda motor.
Diawali pada
saat penulis membeli sepeda motor tahun lama honda impressa. Setelah
beberapa minggu penulis mulai mengalami kesulitan untuk melakukan
pengereman rem cakram roda depan. Untuk motor tahun lawas memang awalnya
tidak menggunakan sistem rem cakram tetapi aslinya menggunakan sistem
rem tromol. Beruntung penulis mendapatkan motor yang sudah dipasangi
sistem rem cakram oleh pemilik sebelumnya.
Saat itu timbul
niatan untuk pergi ke bengkel untuk memeriksa kondisi pengereman, di
lain sisi penulis belum memiliki cadangan dana untuk membayar ongkos
bengkel. Timbul lah rasa kesal, padahal motor diperlukan untuk alat
transportasi tetapi malah ngadat, walopun sebenernya rem belakang masih
berfungsi dengan baik, tetapi penulis memilih untuk tidak berkendara
dengan rem cakram depan yang tidak berfungsi.
Pada saat itu
timbul keinginan untuk memperbaiki sendiri sistem rem cakram depan.
Hampir saja lupa, bahwa di jaman secanggih ini, tentunya sangat banyak
informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet, maka penulis cari di
mbah google, ternyata sepertinya kelihatan gampang, tetapi bagi orang
awan seperti penulis yang tidak pernah bongkar motor ya agak sedikit
susah. berhubung esok minggu, sabtu sore ini mulai gencar browsing dan
dapatlah sedikit informasi tentang cara memperbaikinya.
Keesokan
minggunya, pagi hari penulis langsung beraksi dengan modal nekat. Saya
bongkar semua, sekalian tau part-partnya. Rem cakram ini aslinya
kepunyaan honda supra. Adapun cara yang penulis lakukan adalah sebagai
berikut:
1. Siapkan kunci baut 10, kunci L buat kaliper, minyak rem pengganti dan sedikit gemuk untuk melumasi.
2. Bongkar master rem, dengan cara membuka baut pengunci tabung minyak rem yang ada di stang atas.
3. Buka baut
pembuangan minyak rem atau mur baut untuk menyetel rem cakram. Tampung
semua minyak rem yang keluar dengan menggunakan suatu wadah. Ketika saya
cek minyak rem yang telah keluar semuanya, sempat bingung saya karena
minyak rem sudah seperti air karena encer dan tidak kental lagi
sedangkan warnanya sudah berubah menjadi hitam. Terbesit mungkin karet
penutup master rem bocor dan air masuk pada saat hujan atau tersiram air
pada saat dicuci.
4. Lepas baut pengencang master rem atas dan turunkan untuk dibersihkan.
5. Buka 2 buah baut penahan kaliper rem / kepala babinya dengan kunci L. Hati-hati pada terhadap piston remnya pada saat membukanya.
7. Lepaskan kampas rem cakram, kemudian lepaskan per penahan kampas rem. Kumpulkan part yang sudah dilepaskan satu persatu pada suatu wadah agar tidak tercecer.
8. Siapkan air sabun untuk membersihkan kotoran dengan menggunakan sikat gigi halus. Menurut info sebaiknya tidak menggunakan sikat kawat atau amplas untuk membersihkan dimana bisa merusak dan menggores piston rem. Dan pastikan juga untuk berhati-hati jangan sampai piston rem keluar dari kaliper, karena nantinya akan kesulitan untuk memasukkannya kembali ke kaliper.
10. Karena
tidak mengetahui nama partnya maka saya bawa ke toko sparepart motor
untuk membeli part penggantinya. Part yang diganti adalah, 1 buah seal
karet penutup yang ada dimaster rem, 1 seal karet pada kaliper dan 1
buah karet pembungkus lainnya. Total menghabiskan dana skitar 20 rb
rupiah untuk partnya.
11. Kembali ke rumah langsung kejar untuk memasang part penggantinya, sebelumnya dipastikan dan dibersihkan dari sisa air pada selang rem.
12. Kasih sedikit gemuk untuk melumasi sisi piston yang bergesekan.
13. Setelah part terpasang kemudian di rakit lagi dimana langkahnya adalah kebalikan dari cara membongkar rem tersebut. Pastikan tidak ada baut yang tersisa.
14. Pasang selang rem dan master rem pada posisinya kembali. Setelah itu masukkan minyak rem secara perlahan sampai batas ketinggian minyak rem yang diharuskan.
15. Sebaiknya di pasang selang tambahan pada baut angin minyak rem supaya minyak rem tidak berceceran pada saat melakukan penyetelan angin rem cakram (selang transparan yang biasa dipakai pada akuarium dan sesuai diameternya dengan baut setelan angin).
16. Bagi saya penyetelan dipastikan baik sampai tidak ada lagi angin palsu pada minyak rem dan fungsi piston walopun dengan sedikit tenaga rem sudah bekerja sesuai dengan prinsip hidroliknya.
17. Selesai, bersihkan bodi dari sisa-sisa kotoran yang menempel.
Tips Setel Minyak Rem
-Cek kondisi minyak rem adalah ‘ritual’ wajib jelang mudik. Jangan sepelekan,
walau kelihatannya aman-aman saja. Tanda-tanda minyak rem kurang
normal, saat direm terasa berat handelnya. Atau gejala lain, saat direm
handelnya terlalu dalam. Padahal, kampas rem telah ganti baru. Ayo,
ganti minyak remnya. Jangan hanya baca...
Untuk mengganti minyak rem, harus tersedia minyak rem baru. Murah, tidak sampai Rp 6.000. Lalu, ”Siapkan selang seukuran nipel (lihat foto), penampan, obeng plus, kunci ring 8,” sebut Zufriono, teknisi bengkel otomotif SMK Panca Bhakti, Banjarnegara.
Bersihkan master dengan sabun atau bubuk pencuci pakaian. Sabun bisa dipakai mencuci bagian dalam saluran hidrolis dengan caraseperti mengisi minyak rem dan membuangnya. Nah baca terus...
Awasi master diisi terus, jangan sampai kosong dalam penyetelan tersebut. Jika minyak rem muncratnya sudah enak dan handel terasa enak juga, berarti sirkulasi minyak rem benar. Pastikan jarak main handel rem 2-3cm.
Silakan motornya dicoba, cieetttt. Kalau
beberapa hari kemudian minyak remnya berkurang, berarti ada sil yang
bocor. Nah, itu lain lagi tipsnya.
ManiakMotor
Tulisan kali ini hanya langkah-langkah mengganti minyak rem berikut menyetelnya. Sebab, minyak rem itu media pengantar hidrolis. Karena
itu, selang hidrolisnya dan tabung master atas dan kaliper, harus penuh
oleh minyak rem. Tidak boleh sama sekali ada ruang kosong yang sering
disebut angin palsu. Namanya juga angin, manusia saja bisa masuk angin.
Posisikan motor dengan standar tengah di tempat rata. Buka penutup master rem pada setang kanan menggunakan obeng plus. Lihat kondisi minyaknya, pasti kotor, ya, ganti. Caranya, kendurkan nipel pada kaliper dengan kunci ring atau sok 8.Sebelum menguras, pasang selang pada moncong nipel dan ujung lainnya diarahkan ke botol penampung. Maksudnya, minyak rem tidak akan muncrat sampai ke wajah sampeyan.
Tekan atau pompa tuas rem berkali-kali sampai keluar semua minyak rem. ”Hati-hati jangan sampai minyak rem mengenai bodi motor, kimianya bisa merusak cat,” wanti mekanik ramah ini. Kecuali cat motor yang sudah puluhan tahun seperti yang jadi alat praktek ini. Lha, wong sudah tidak ada catnya, koq?
Pasang selang rem dan kencangkan nipel. Isi master dengan minyak rem sambil menekan-nekan handel rem. Setelah master rem terisi penuh, tekan berulang-ulang handel dan tahan, kemudian kendurkan nipel. Ulangi lagi, awal-awal yang keluar hanya busa atau angin palsu.
Sumber :http://herdiansyah09.blogspot.com/2013/11/tips-setel-minyak-rem-sampai-muncrat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar