Minggu, 28 Desember 2014

Ganti Laher Roda Depan, Perhatikan Kode Dan Merek!

ManiakMotor-Bearing alias laher sebagai bantalan, agar benda dialasnya berputar lancar dan bisa tidur nyenyak. Tetapi, sepulas-pulasnya pasti akan bangun, maksudnya rusak. Bisa karena situasi seperti banjir laher kemasukan air, bisa juga waktu penggunaannya. Mirip laher roda depan di Supra X lansiran 2001 milik reporter portal ini, itu karena sudah butut, hehehe, 11 tahun brosist.
Laher si reporter itu rusak. Roda depan motornya sudah tidak nyaman alias nggak nyenyak. “Cara memperbaikinya, ya diganti,”kata Husain, mekanik Shan Motor Sport (SMS) di Banjarnegara, Jawa Tengah. Ya, oke lah kalo begitu, terpaksa harus beli bearing sendiri yang kodenya 6301.Biasanya sih harga tipe ini yang oke di atas Rp 25.000. Tapi ada juga yang Rp 13.000 dan malah ada Rp 10.000. Seperti kata orang, duit nggak bohong.
Nah, cara menggantinya semoga bisa diikuti brosist. Posisikan motor dengan standar tengah. Ini ritual wajib ala portal ini, siapkan kunci-kunci yang diperlukan seperti kunci ring 17, obeng min, palu karet, tang, batang besi (bekas as roda). Langsung angkat roda depan dan ganjal blok mesin dengan kayu. Bisa juga minta teman, istri, adik dan siapa saja duduk di jok belakang buat nahan. Suruh nongkrong saja dia  di situ sampai selesai ritual ganti laher.
Lepaskan kabel speedometer dengan menggunakan obeng (+).“Kendurkan mur as roda pakai kunci ring 17. Tarik as roda sampai roda bisa dilepas. Lepaskan lurus searah dengan rem cakram, agar cakram tidak melengkung,”sambung Edi Santausa, bos Hussain dibengkel sambil sebut untuk roda depan ada 2 bearing disisi kanan dan kiri. Ya, iyalah bro.
Berikutnya, melepas karet pelindung as sebelah kiri dan kanan. Bila sudah tinggal dilanjutkan melepas kedua bearingnya. Sebelum dilepas, alasi terlebih dengan kayu. Cara melepasnya, pukul perlahan batang besi (bekas as roda) dengan palu karet dari balik lubang. Maksudnya, bila laher kanan yang dicopot, batang bekas as roda ini dari lubang kiri. Karena fungsinya untuk mendorong laher keluar dari dudukannya.
Cara pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. “Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya, ketok pelahan laher dari semua sisi. Diganjal dengan bantuan kayu juga bisa,” kata Hussain.
Ya, sudah, tinggal rakit sesuai kebalikannya! Ardel

Sumber  :  http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1939-ganti-laher-roda-depan-perhatikan-kode-dan-merek

[D.I.Y.] Terpaksa Ganti Sendiri Tiga Bearing Roda Belakang Orange Juss…!! Dan Well Done…!!

Berduka :sad:
Berduka :sad:
Hell yeah…!! Beberapa waktu lalu kaki belakang Orange Juss agak pincang… Bunyi klethek-klethek Sore-sore sepulang dari main ke rumah temen beranikan diri bongkar roda belakang… Set set set… Kluthik-kluthik… Gotri a.k.a. bola bola besi yang berasal dari lakher a.k.a. bearing berjatuhan ketika as roda dikeliarkan… Weiks… Muka ekspresi kecut…!!
Terlihat bearing ambyar dan gotri bercecerah :sad: ...
Terlihat bearing ambyar dan gotri berceceran :sad:
Bearing gear ambyar dan seal bearing...!!
Bearing gear ambyar dan seal bearing…!!

Dalam hati udah berkata, “Pasti ada yang rondok nih…” Dan memang benar… Bearing gear Ambyar, rontok outer bearing beserta gotri-gotrinya… Nyeseknya lagi ga tau tempat yang jual bearing-bearing ini… Dan sempet bingung juga, kok ada bearing yang panjang ya…?? Dan setelah tanya-tanya sama Om Horee Rider CBR (model) Minerva dan Mbah Dhany Dawet Ngosek, ternyata itu adalah collar yang masih terpasang inner bearing yang ambyar :lol:
Colar yang masih tertempel inner bearing...
Colar yang masih tertempel inner bearing…
Inner bearing dan collar berhasil dilepas...
Inner bearing dan collar berhasil dilepas…
Setelah beberapa saat menikmati kenyesekan… Akhirnya muncul ide, punya friendlist di Facebook Indipart, doi penjual spare part khusus Bajaj… Langsung coba chat, dan ada… Ga mau ambil pusing untuk cari bearing, langsung order saza… Maklum terlalu sibuk :lol: … Di tengah-tengah penantian barang datang, muncul keraguan lagi… Itu udah termasuk seal bearing gearnya belum ya… Aahhh… Dari pada besok repot lagi mending order lagi aja… Tapi kalau order di Indipart lagi kelamaan, lalu coba telpon bengkel sekaligus dealer Bajaj Jl. Magelang Yogyakarta… Dan ternyata barangnya ready… Yaudah langsung Cash On Delivery a.k.a. COD…
Bushing dan 2 buah bearing velg...
Bushing dan 2 buah bearing velg…
Velg jadi mlompong...
Velg jadi mlompong…
Selang 2 hari (atau 3 hari ya… Lupa…) barang datang… Itu pun sebelumnya juga harus nyemprot petugas JNE, karena gak dikirim-kirim kerumah :mrgreen: … Sore-sore habis Maghrib mulai mencoba memasang… Dengan dipandu Om Horee Rider CBR (model) Minerva yang katanya mau buka bengkel… Dikit-dikit tanya dan melihat foto dan skema gambaran tangan sendiri yang sebelumnya digambar pas melepas bearing… Hal ini cukup membantu Bro, maklum Saya pelupa :lol:
Bearing baru mulus euy... Made in Japan... :cool:
Bearing baru mulus euy… Made in Japan… :cool:
Taddhaaa...!! Well done...!! :cool:
Taddhaaa…!! Well done…!! :cool:
Butuh waktu sekitar satu jam dari memasang bearing sampai memasang bannya kembali, maklum baru kali ini bongkar bearing dan ga ngerti apa-apa :lol: … Tapi justru hal ini yang bisa nambah pengalaman, jadi besok kalau bearingnya jebol lagi ga usah sok panik, apa lagi koprol :mrgeen: … Cukup kerjakan sendiri, lumayan ngirit dari pada kebengkel… Oiya total tiga bearing sekitar 80ribu kalau tidak salah, dan seal bearing gear 6ribu…
Bagi yang punya nasib serupa :lol: … Bearingnya ambyar dan bingung, bisa simak gambaran yang saya buat:
Skema velg belakang... Gambar melintang...
Skema velg belakang… Gambar melintang…


Sumber: http://ardiantoyugo.com/2014/01/15/diy-terpaksa-ganti-sendiri-tiga-bearing-roda-belakang-orange-juss-dan-well-done/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar