Minggu, 28 Desember 2014

REM MOTOR

Mengatasi Rem cakram Lengket



Ok, lah!! nggak perlu panjang lebar lagi pada intinya rem cakaram pd sepeda motor menggunakan sistem hidrolik, dimana cara kerjanya menggunakan pemampatan dari
cairan minyak rem untuk menghasilkan daya tekan terhadap piston cakaram, piston cakram sendiri bekerja mendorong kampas cakram/Dispad untuk menghasilkan tekanan yg kuat terhadap piringan cakram. sehingga menghasilkan daya pengereman yg maksimal. 
Demikianlah cuplikan teori sistem rem cakram pada sepeda motor versi saya.



Sekarang lanjut ke pokok inti permasalahan yg sesuai dengan judul laman kali ini yg membahas tentang rem cakram lengket. perlu diketahui sob, beberapa penyebab terjadinya cakram yg lengket atau macet ini serta penangananya diantaranya hal-hal berikut ;
Handle rem yg gak sesuai dengan kedudukanya, tapi ini jarang terjadi karena produk'' handle rem yg standard  kebanyakan memiliki ukuran yg pas/ sesuai dengan merek'' motor. kecuali type handle rem variasi. kebanyakan saya jumpai memang handle yg variasi ini jarang yg pas dengan kedudukannya sehingga memerlukan kerja lg untuk membuatnya pas di kedudukannya. so saran saya pakailah handle yg standardnya biarpun gak original tp memiliki kesesuaian yg bagus. boleh jg sih pakai yg variasi tp harus memperhatikan kecocokanya di rem kita. 

  1. Sil master rem udah rusak, master rem berfungsi memompa minyak rem untuk menekan piston rem. jadi jika silnya udah rusak maka kerja dari master ini nggaklg bagus, biasanya bocor bisa jg gak mau balik kalo abis ditekan handlenya. nah kalo gak mau balik, atau gak lancar mompanya atau juga lambat baliknya so pasti rem bakalan lengket dah. karna minyak rem terdorong terus oleh master rem yg rusak ini. solusinya ganti master rem dengan yg baru dan memiliki kinerja yg bagus untuk sistem pengereman.
  2. piston cakram kotor / bersihkan piston cakram pakai bensin , seka pakai kain lap dan lumasi dengan oli.
  3. Sil piston cakram udah rusak / mengakibatkan kerja piston gak lancar dan lambat balik ( tidak elastis kerjanya). solusinya ganti dengan sil yg baru.
  4. Lain - lain seperti ; plat penahan kampas selip, piringan cakram baling, dll. 

Nah sob permasalahan umumnya seperti diatas. untuk mendapatkan hasil kerja yg maksimal lakukan pengecekan dengan teliti, penangananya dan pemasangan kembali yg teliti juga. tidak baik menentukan permasalahan tanpa mengetahui letak kesalahannya. demikianlah ulasan tentang Rem Cakram semoga membantu.
Sumber : http://edobiker.blogspot.com/2014/03/mengatasi-rem-cakram-lengket.html



 TIPS MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN REM CAKRAM SENDIRI

Salah satu perangkat vital bagi kendaraan baik itu motor atau pun mobil adalah berfungsinya alat rem dengan baik. 

Kadang sebagai pengemudi, kita melupakan untuk melakukan perawatan rutin pada perangkat sistem rem kendaraan. Bagaimana jadinya apa bila perangkat pengereman atau penghenti laju kendaraan tidak berjalan sebagaimana mestinya (tidak normal)? Bisa dibayangkan terjadinya kecelakaan, sesuatu hal yang sangat tidak diinginkan bagi siapapun yang sedang berkendara apabila kurang perawatan. 

Nah, di sini penulis ingin berbagi pengalaman tentang cara merawat dan membersihkan rem cakram khususnya untuk sepeda motor.

Diawali pada saat penulis membeli sepeda motor tahun lama honda impressa. Setelah beberapa minggu penulis mulai mengalami kesulitan untuk melakukan pengereman rem cakram roda depan. Untuk motor tahun lawas memang awalnya tidak menggunakan sistem rem cakram tetapi aslinya menggunakan sistem rem tromol. Beruntung penulis mendapatkan motor yang sudah dipasangi sistem rem cakram oleh pemilik sebelumnya. 

Saat itu timbul niatan untuk pergi ke bengkel untuk memeriksa kondisi pengereman, di lain sisi penulis belum memiliki cadangan dana untuk membayar ongkos bengkel. Timbul lah rasa kesal, padahal motor diperlukan untuk alat transportasi tetapi malah ngadat, walopun sebenernya rem belakang masih berfungsi dengan baik, tetapi penulis memilih untuk tidak berkendara dengan rem cakram depan yang tidak berfungsi. 

Pada saat itu timbul keinginan untuk memperbaiki sendiri sistem rem cakram depan. Hampir saja lupa, bahwa di jaman secanggih ini, tentunya sangat banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet, maka penulis cari di mbah google, ternyata sepertinya kelihatan gampang, tetapi bagi orang awan seperti penulis yang tidak pernah bongkar motor ya agak sedikit susah. berhubung esok minggu, sabtu sore ini mulai gencar browsing dan dapatlah sedikit informasi tentang cara memperbaikinya.

Keesokan minggunya, pagi hari penulis langsung beraksi dengan modal nekat. Saya bongkar semua, sekalian tau part-partnya. Rem cakram ini aslinya kepunyaan honda supra. Adapun cara yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
1. Siapkan kunci baut 10, kunci L buat kaliper, minyak rem pengganti dan sedikit gemuk untuk melumasi.

2. Bongkar master rem, dengan cara membuka baut pengunci tabung minyak rem yang ada di stang atas.

3. Buka baut pembuangan minyak rem atau mur baut untuk menyetel rem cakram. Tampung semua minyak rem yang keluar dengan menggunakan suatu wadah. Ketika saya cek minyak rem yang telah keluar semuanya, sempat bingung saya karena minyak rem sudah seperti air karena encer dan tidak kental lagi sedangkan warnanya sudah berubah menjadi hitam. Terbesit mungkin karet penutup master rem bocor dan air masuk pada saat hujan atau tersiram air pada saat dicuci.

4. Lepas baut pengencang master rem atas dan turunkan untuk dibersihkan.

5. Buka 2 buah baut penahan kaliper rem / kepala babinya dengan kunci L. Hati-hati pada terhadap piston remnya pada saat membukanya.

6. Huff, terlihat sudah banyak kerak menumpuk dan debu pasir yang menyempil di kaliper rem nya.

7. Lepaskan kampas rem cakram, kemudian lepaskan per penahan kampas rem. Kumpulkan part yang sudah dilepaskan satu persatu pada suatu wadah agar tidak tercecer.

8. Siapkan air sabun untuk membersihkan kotoran dengan menggunakan sikat gigi halus. Menurut info sebaiknya tidak menggunakan sikat kawat atau amplas untuk membersihkan dimana bisa merusak dan menggores piston rem. Dan pastikan juga untuk berhati-hati jangan sampai piston rem keluar dari kaliper, karena nantinya akan kesulitan untuk memasukkannya kembali ke kaliper.
9. Kemudian dikeringkan. Sekilas karet tersebut tampak dalam kondisi yang baik namun setelah dicek ternyata ada 1 seal karet dan 1 buah karet lainnya yang telah robek. Dipastikan memang menjadi penyebab macetnya rem cakram tersebut dan masuknya air karena seal master rem sudah robek. 
10. Karena tidak mengetahui nama partnya maka saya bawa ke toko sparepart motor untuk membeli part penggantinya. Part yang diganti adalah, 1 buah seal karet penutup yang ada dimaster rem, 1 seal karet pada kaliper dan 1 buah karet pembungkus lainnya. Total menghabiskan dana skitar 20 rb rupiah untuk partnya.

11. Kembali ke rumah langsung kejar untuk memasang part penggantinya, sebelumnya dipastikan dan dibersihkan dari sisa air pada selang rem.

12. Kasih sedikit gemuk untuk melumasi sisi piston yang bergesekan.

13. Setelah part terpasang kemudian di rakit lagi dimana langkahnya adalah kebalikan dari cara membongkar rem tersebut. Pastikan tidak ada baut yang tersisa.

14. Pasang selang rem dan master rem pada posisinya kembali. Setelah itu masukkan minyak rem secara perlahan sampai batas ketinggian minyak rem yang diharuskan.

15. Sebaiknya di pasang selang tambahan pada baut angin minyak rem supaya minyak rem tidak berceceran pada saat melakukan penyetelan angin rem cakram (selang transparan yang biasa dipakai pada akuarium dan sesuai diameternya dengan baut setelan angin).

16. Bagi saya penyetelan dipastikan baik sampai tidak ada lagi angin palsu pada minyak rem dan fungsi piston walopun dengan sedikit tenaga rem sudah bekerja sesuai dengan prinsip hidroliknya.

17. Selesai, bersihkan bodi dari sisa-sisa kotoran yang menempel.




  Tips Setel Minyak Rem

ManiakMotor-Cek kondisi minyak rem adalah ‘ritual’ wajib jelang mudik. Jangan sepelekan, walau kelihatannya aman-aman saja. Tanda-tanda minyak rem kurang normal, saat direm terasa berat handelnya. Atau gejala lain, saat direm handelnya terlalu dalam. Padahal, kampas rem telah ganti baru. Ayo, ganti minyak remnya. Jangan hanya baca... 
Tulisan kali ini hanya langkah-langkah mengganti minyak rem berikut menyetelnya. Sebab, minyak rem itu media pengantar hidrolis. Karena itu, selang hidrolisnya dan tabung master atas dan kaliper, harus penuh oleh minyak rem. Tidak boleh sama sekali ada ruang kosong yang sering disebut angin palsu. Namanya juga angin, manusia saja bisa masuk angin.
Untuk mengganti minyak rem, harus tersedia minyak rem baru. Murah, tidak sampai Rp 6.000. Lalu, ”Siapkan selang seukuran nipel (lihat foto), penampan, obeng plus, kunci ring 8,” sebut Zufriono, teknisi bengkel otomotif SMK Panca Bhakti, Banjarnegara.
Posisikan motor dengan standar tengah di tempat rata. Buka penutup master rem pada setang kanan menggunakan obeng plus. Lihat kondisi minyaknya, pasti kotor, ya, ganti. Caranya, kendurkan nipel pada kaliper dengan kunci ring atau sok 8.Sebelum menguras, pasang selang pada moncong nipel dan ujung lainnya diarahkan ke botol penampung. Maksudnya, minyak rem tidak akan muncrat sampai ke wajah sampeyan.
Tekan atau pompa tuas rem berkali-kali sampai keluar semua minyak rem. ”Hati-hati jangan sampai minyak rem mengenai bodi motor, kimianya bisa merusak cat,” wanti mekanik ramah ini. Kecuali cat motor yang sudah puluhan tahun seperti yang jadi alat praktek ini. Lha, wong sudah tidak ada catnya, koq?
Bersihkan master dengan sabun atau bubuk pencuci pakaian. Sabun bisa dipakai mencuci bagian dalam saluran hidrolis dengan caraseperti mengisi minyak rem dan membuangnya. Nah baca terus...
Pasang selang rem dan kencangkan nipel. Isi master dengan minyak rem sambil menekan-nekan handel rem. Setelah master rem terisi penuh, tekan berulang-ulang handel dan tahan, kemudian kendurkan nipel. Ulangi  lagi, awal-awal yang keluar hanya busa atau angin palsu.
Awasi master diisi terus, jangan sampai kosong dalam penyetelan tersebut. Jika minyak rem muncratnya sudah enak dan handel terasa enak juga, berarti sirkulasi minyak rem benar. Pastikan jarak main handel rem 2-3cm.  Silakan motornya dicoba, cieetttt. Kalau beberapa hari kemudian minyak remnya berkurang, berarti ada sil yang bocor. Nah, itu lain lagi tipsnya. 




Sumber :http://herdiansyah09.blogspot.com/2013/11/tips-setel-minyak-rem-sampai-muncrat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar